Skip to main content

Hari Ke-dua JogJalan: Less and Even Lesser ZONNKKSS :D :D

Okeee jadi hari ini merupakan hari ke-dua untuk kegiatan operasional Jogjalan buat ngeserve customer "pertama" kita(kenapa gue bilang pertama, udah dijelaskan di post sebelum ini) dan yeah... Kekhawatiran gue semalam ga terbukti! Gue udah takut dioyak-oyak sama si ibu soal kemarin gue cabut ke rumah Seno dan balik telat, gara-gara salah perkiraan jam kelar Ramayana ballet! Ngeok ngok. Nah tadi itu, untung supir gue yang proaktif Pak Bagus nyari info soal trip hari ini. Rencananya, hari ini tuh kita ke Anshro Silver terus ngetag tempat di Lagien Garden di Malioboro buat nonton kirab pawiwahan ageng, tapi ternyata..... zreeeett.... Si bapak yang koneksinya luas ini nelpon temennya yang prajurit keraton dan dapat info bahwa kirab itu besok pagi! Bukan tanggal 22 dan bukan siang seperti dua tahun lalu pas nikahannya Jeng Reni! Waaaaa...!!
Mana sebelum berangkat ke hotel tuh, kami kudu nyari Diet Ckeo dan itu plis dong ga ada di minimarket manapun. Udah sampe empat minimarket nih ya kalo gue itung dari kemarin, ah lebih mungkin, tapi ga ada dong yang jual Diet Ckeo. Kemarin itu nemu Diet Ckeo malah yang di kios jalur pintu keluar Prambanan dan itu sekalengnya Rp 15,000. Uhh gue sama si bapak yang tadinya berangkat jam delapan, jadi nyampe jam 8.30. Itu juga pake ditelepon si ibu berapa kali, ditanya-tanya udah dimana. Gue jelasin iya ini lho bu, demi empat kaleng Diet Coke yang lu minta. Doi bilang, "Kalo di satu minimarket udah ga ada, berarti di lainnya juga ga ada! Coba cari ke supermarket!" yaelah Bu, ini jam 8an(waktu itu), supermarket mana udah buka -____- yaudah deh trus si ibu minta langsung cabs aja. Oke. Zonk pertama di pagi hari. Plus bayang-bayang kesalahan oon semalam.
Sesampainya gue sama Pak Bagus di tempat drop off hotel, gue ngacir sumpah ga pake boong ke lobby nyari si Ibu. Ternyata mereka lagi duduk-duduk di tempat yang berbeda gitu sehingga keluarnya ga dari pintu yang sama, trus gue dipanggil, langsung kesana dan turun ikut bukain pintu.
Di mobil, gue kan sebelumnya udah nyetak itinerary hari ini tuh buat si Ibu, eh tapi karena kirabnya besok ya jadi ganti acaranya. Gue bilang si Ibu. Ini kalo Borobudur pindah hari ini aja gimana... Trus FGD(hahaha) dan mereka ga mau, belum siap katanya gara-gara trip chandi Prambanan dan Ratu Boko yang berundak-undak kemarin... Maklum udah sepuh! Trus akhirnya bret bret breet, langsung ke Anshnor Silver dan gue jelasin besok kita ke Borobudur pukul 8 pagi. Satu ma'am bilang, "Okay please be ready at 8," Iyeeee gue ngarti maksudnyeee! Maap -_- Second zonk, but not that much.

Kita ke Anshor pagi-pagi, trus ternyata guide non-pabriknya ga ada yang bisa jelasin arsitektur bangunan dalam bahasa Inggris, yaudah lagi-lagi gue turun(ya emang kerjaan lo kali dil -_-;) dan sebisa mungkin ngomong atas apa yang gue tahu. Ada gunanya juga kalo baca ga pilih-pilih tema, kadang-kadang kepake itu! Trus masuk ke tempat workshop, ada guidenya dan oke gue lepas... Ngobrol-ngobrol sama Pak Bagus akhirnya, dan gue kind of soo much win!! Gara-gara semalam ga disinggung, sekalipun hahaha. Dugaan gue kayanya mereka semalam capek banget sehabis pertunjukan sendratari, trus abis tidur jadi lupa! Hhahaha. Atau karena program sebenarnya emang udah selesai dan gue ga kudu ngapa-ngapain actually kecuali ngucapin selamat good night! Haha.
Cabs dari sana, kita muter ke tempat batik. Ejegile men, belanjanya ga abis-abis! Nah disini nih ceritanya mulai menarik... Dari hari pertama, gue sebenernya udah banyak cerita-cerita sama Pak Bagus. Dia sebenarnya yang lebih banyak yang ngasih gue cerita, topiknya sih soal konflik di antara guide dan supir. Menurut dia, guide(profesional, biasanya yang dari travel agent) itu sombong karena ngerasa dirinya sekolah, dan memang dapat fee yang lebih gede dari supir. Tapi supir ngerasa, gue yang muter-muter, gue yang dioyak, gue yang kudu hapal jalan, nyawa penumpang ada di gue, tapi kenapa gue dapatnya beda dari guide? Dan lebih kecil? Tentang proporsinya gue ga tau seberapa.
Singkat cerita, dari semalam Pak Bagus udah ngurusin semua "bonus" yang gue dapat. Gue sih senang-senang aja, bukan itu yang gue cari. Tapi gue kan emang lagi ambil makul ini dan gue cuma nyimpan aja kuitansinya(meski ga nolak tuh duit Rp 53,000 dari bonus semalam) dan buat gue itu keberhasilan pribadi. Ngeguide berbayar pertama gue men!
Nah pas nyampe di Batik Rmahu, yang menurut supir gue itu favoritnya guide sama driver buat nganter, karena gede men... Ah gue ga bisa jelasin detailnya, katanya ini confidential. Tapi menurut gue sebagai traveler, apaan ini mah rahasia umum kali. Wisatawan mana yang kaga tau kalo guide sama driver bakal dapat komisi dari restoran atau galeri?! Nah jadi tadi tuh di tempat itu, ada satpam yang nyautin gue, "Mbak, Mbaknya guide yang tadi?" Gue bingung, ya gue iyain aja. Lah emang gue yang bawa mereka jalan-jalan kok? Tau-tau pas nemenin tamu gue bayar di kasir, itu orang di belakang kasir ngomong ke gue rada pelan suaranya, nyuruh gue keluar. Ke satu area gitu. Gue penasaran ini orang kenapa kecil gitu suara, gue kencengin suara gue, eh dia malah jawab pake bahasa jawa alus. Gue bilang aja gue ga bisa bahasa Jawa, padahal mah biar ngerti. Ini gue pengen clear gitu lho, ada apa ini. Ga taunya, pas gue ke ruangan kecil di depan gitu, ada mbak-mbak kind of interrogating gue, perihal gue ini guide apa bukan. Karena supir gue bilang, dia ga bawa guide. Dan di inbox hp gue, supir gue nanya apa gue tadi ngaku gue guide apa bukan.
Dunia pun berputar.
Driver gue masuk, terus jelasin dan gue mulai paham ini arahnya kemana.... Perbedaan kasta driver sama guide! Itu ya di inbox hp gue abis itu, gue kan jawab iya. Driver gue balesnya,
"Yaudah mbak, nanti kita sendiri-sendiri aja"
Zonk...
Zonk
ZONK
ZONK like more than EVER!!!

Gue cuma punya satu partner baik, dan kehilangan begitu aja karena kebegoan dan kepolosan gue yang ngga pada temapatnya!! Aaaaaaa gue ga mauuu gue ga mau kehilangan partner! Gue ga ada niat buat ngambil komisi sendiri apa gimana, ga peduli! Gue cuma mahasiswa dan traveler yang lagi ngerjain tugas kewirus dengan tambahan belajar di mata kuliah kehidupan! No no no no no.... This couldn't happen. Gue minta maaf bentar dan tamu gue kelar belanja, trus kita belanja lagi. Di tempat batik itu, gue ga ikut belanja, langsung gue minta maaf dan nanya sama pak Bagus tadi itu kenapa dan gimana. Akhirnya dia paham bahwa tadi itu terjadi karena gue emang baru pengalaman kali ini terjun langsung ke dunia pemandu wisata, yang penuh intrik! Driver gue yang keren mah. Berapa kali gue bawa tamu, baru kali ini ada yang cerita kaya gitu dan nganggap gue guide BENERAN. Dia mau berbagi. Padahal katanya dia sering dicurangin guide, fee guide itu lebih gede dari driver dan lain-lain. Jadi di tempat batik tadi itu, supir gue dipanggil intinya dia dikira nilep fee guide buat dia sendiri which is even kalo fee gue ditilep dia pun gue ga ngerasa rugi dan ambil aja! Bukan itu yang gue butuhin. I don't want to make a living from being a tour guide. Boleh lah kalo sambilan tapi plis dong kuliah bisnis gue. Daripada gue nunut-nunut orang ngider ngejar fee, nih liat nanti gue minum chateau Mouton Rothschild sambil nonton Cirque du Soleil! Ya kali dari guide, masa iya masa gitu?!

Pokoknya abis itu kelar, kita partneran lagi. Gue minta ke dia, tolong kalo emang lu butuh gue JANGAN ngaku kalo gue guide, ya minta! Gue kan cuma ikut-ikut aja, heeh-heeh aja. Yang ngerti dunia kaya gini tuh dia, gue siapa? Oke lah gue jadi kenal dunia kaya gini, tapi bukan sebagai pelaku deh nanti. I mean bukan pelaku dalam level kaya gini, gue kudu bisa jalan cantik pake Manolo Blahnik sambil nenteng Louis Vuitton! Hahh! Dan ga lupa sambil bawa Tiffany yang baru keluar toko hihihihihihi~

Akhir cerita, semua tadi oke deh. Tamu gue belanja belanji. Dan tadi di workshop wayang, kata supir gue sih itu yang jaga toko sampe ngacungin jempol! Tamu gue beli wayang golek Rama sama Shinta yang kuno! Kata driver gue sih dapat komisi banyak mestinya kita, tapi ga tau deh kalo dicurangin sama doi... Haahhh capek gue denger pikiran negati kaya gitu. Meskipun bener, males aja mikir kok ya banyak banget sih manusia yang mau nyurangin kita. Mendingan gue letting go dan ga pikirin itu deh. Makan tuh duit.

Pelajaran yang gue petik hari ini, ada di lobby satu jam sebelum penjemputan. Itu untuk prevention zonk pertama. Ke-dua, udah deh. Nunut aja sama supir kecuali elu emang niat kerja jadi guide, bukannya jadi investment banker atau konsultan(emoh!)! Ke-tiga, hubungan baik dengan kawan itu jauuuh lebih berarti daripada fee yang ga seberapa. Nah ini diskusi privat gue sama pak Bagus, hihi. Dan ke-empat, setiap cewek itu kudu wajib harus punya bra set dan lingerie yang menaikkan kepercayaan diri 1000x lipat tiap dipake! Karena gue curiga sebenernya hari ini walau capek tapi indah banget karena kekuatan pakaian dalam keberuntungan gue hahahhaa! Untuk menjadikan pakaian dalam keberuntungan ini jadi lebih oke, sementara ini Pierre Cardin dulu, tapi kalo gue jadi orang yang pinter, ramah, mau dengerin dan respek sama orang, jujur, pakaian dalam keberuntungan gue bisa jadi Victoria's Secret! Bahkan mungkin aja gue sobek-sobekin tuh Dianne von Furstenberg abis ngeborgol! HAHAHHAHAHAH ngepeeeettt!! Ini kenapa malah ngomongin beha sihhh?!??!? *efek jadi tukang baca Cosmopolitan* *efek manga yang baru aja dikoleksi(Love Blog)*

P.S: Asik banget hari ini kelarnya lebih awal,

ga sia-sia juga gue sekarang mulai nonton dan baca wayang. jadi ga wagu pas nyeritain orang! hehe

Comments

Popular posts from this blog

Iseng-Iseng Niat: Perjalanan Menjadi Seorang Fulbrighter (Bagian 1/3)

Sebelum memulai utas (thread) ini mungkin ada baiknya saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama (kalau di gunung) saya Janis, saya alumna Fakultas Ekonomika dan Bisnis - Universitas Gadjah Mada jurusan Manajemen. Saya lulus tahun 2015 dan saat ini bekerja di satu institusi pemerintah pusat. Omong-omong saya orang Cancer, kalau memang mau tahu banget... kiri: teman penulis; kanan: penulis. Mohon diabaikan saja Blog ini sebetulnya sudah lama saya buat, kurang lebih tahun 2004 dan waktu itu saya masih kelas 7 SMP. Setelah menulis berbagai entri yang tidak bertema dan kebanyakan hanya cuap-cuap sekenanya saja (itu pun jarang), tahun ini setelah menerima pengumuman bahwa saya "resmi" menjadi principle candidate untuk beasiswa Fulbright, saya memutuskan untuk kembali menulis di blog ini dan mendedikasikannya untuk para pencari beasiswa S2 di Amerika Serikat khususnya melalui beasiswa Fulbright. Kasih selamat boleh dong... Nama Fulbright sendiri sebetulnya adalah nama dari

Iseng-Iseng Niat: Perjalanan Menjadi Seorang Fulbrighter (Bagian 2/3)

Yayy... Saya kembali lagi! Laman ini adalah lanjutan dari blog post sebelumnya, silakan klik di sini. Berdasarkan surel yang saya terima dari AMINEF pada tanggal 3 April 2017, jadwal wawancara saya adalah tanggal 20 April 2017. Nah... Ternyata ada waktu selama 17 hari untuk mempersiapkan diri, masa yang saya rasa sangat cukup untuk bersiap-siap. Apa saja yang saya lakukan untuk mempersiapkan diri? Tentu bermacam-macam, tapi yang utama dan sangat mudah ditebak a la kids jaman now tentu saja berselancar di internet! Terdapat beberapa laman blog para Fulbrighters yang sangat membantu saya untuk mempersiapkan diri selama wawancara, tapi yang paling komprehensif dan (sepertinya) paling banyak diakses adalah laman blog Comatosed Thoughts milik Kak Nanda. Kelak di kemudian hari saya baru tahu kalau ternyata Kak Nanda adalah mentor dari salah satu sahabat saya sesama kandidat penerima beasiswa Fulbright (mentor-mentoran ini akan saya bahas di utas selanjutnya). Terima kasih Kak Nanda...
aku berkata padanya, "kejarlah mimpimu sampai ke ujung dunia, jangan pedulikan aku. karena aku pun akan mengejar mimpiku sendiri," aku tak tahu hal apa lagi yang akan aneh setelah perpisahan, putus yang direncanakan. aku hanya ingin berpikir logis, realistis, penuh pengharapan dan keyakinan bahwa kami akan meraih cita-cita kami masing-masing, dan kami tak ingin disaat cita-cita itu telah tercapai, kami belum mendapat apa-apa. belum merasakan apa-apa. dia bercerita kepadaku, tentang detik yang mati, "selama ini detik berjalan,maju ke depan. tanpa kembali ke belakang, hal-hal yang ditinggal hanya bisa dilihat kembali, tidak bisa diulang lagi," aku hanya bisa menatap senja hari dan berkonspirasi dengan rumput yang bergoyang, bertanya siapakah yang tengah duduk di buaian bulan sesungguhnya. ah, aku teringat saat-saat kami meracau tentang dunia, dengan sombong membuat filsafat sendiri tentang semesta, kami menertawakan kebodohan kami, dengan bangga mengakui bahwa kami ma